PERCAYA DIRI?I CAN DO IT !

Menjadi seseorang dengan memiliki rasa percaya diri yang kuat tentunya menjadi keinginan bagi banyak orang . Namun, untuk bisa mendapatkan semua itu,kita harus membiasakan diri untuk melatih kemampuan dan potensi yang terdapat didalam diri kita.

Banyak yang mencari cara atau tips yang sesuai dengan diri kita sendiri agar bisa memiliki kepercayaan diri yang baik, tapi hal itu sulit untuk ditemukan. Mungkin kita akan bertanya-tanya. Kenapa ada orang yang mudah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, seingga tidak takut untuk berbicara didepan orang banyak, tidak khawatir jika gagal dan berani untuk melakukan sesuatu tanpa ada rasa takut?

Tetapi banyak loh yang tidak memiliki rasa percaya diri yang baik. Bahkan, semua orang pernah mengalami rendah diri atau perasaan untuk tidak percaya diri dan mengalami tekanan perasaan seperti gelisah, minder, grogi, dan yang lainnya. Yang menjadi tidak wajar adalah kita yang memiliki berbagai macam skill, bakat, kemampuan serta berwawasan tinggi merasa minder, takut untuk melakukan hal yang mudah bagi diri kita sendiri.

Sebelum kita membahas bagaimana sih cara atau tips agar kita percaya diri, kita membahas apa sih itu percaya diri. Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang, dimana individu dapat mengevaluasi keseluruhan dari dirinya sehingga memberi keyakinan kuat pada kemampuan dirinya untuk melakukan tindakan dalam mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Berikut ini adalah cara atau tips-tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatakan percaya diri:

  •  Jangan terlalu menilai diri.

Kita jangan terlalu lama untuk menilai diri kita sendiri, karana semakin lama kita menilai diri sendiri kita akan menemukan banayak kelemahan. Kita bisa mengevaluasi diri sendiri tetapi jagan terlalu lama, karena jika tidak bisa menyikapi kelemahan kita dengan positif, bukan sesuatu yang baik yang kita dapat tetapi kita menjadi semakin tidak percaya diri dengan kelemahan yang kita miliki.

  •  Positive thingking

Jika kita mengemangkan nilai-nilai positif pada diri kita sendiri, maka kita akan semakin cepat untuk mendapatkan kepercayaan diri. Salah satu caranya adalah menghilangkan ungkapan-ungkapan yang mematikan dan menggnti dengan ungkapan yang kreatif. Denagan membuat peralihan bahasa yang sederhana tapi efektif dari pernyataan negatif ke pernyataan positif. Misalnya mengganti kata, ‘saya tidak bisa’ menjadi ‘ saya bisa’.

Kita dapat mengatasi asumsi negatif yang muncul dipikiran kita. Kita bisa mengatakan pada diri sendiri bahawa tidak ada seorang pun yang sempurna. Kita tidak boleh berlarut-larut membiarkan pikiran-pikiran negatif itu karena dapat menguasai pikiran dan perasaan kita.

  • Yes, I can do it !

Kita harus menanamkan pikiran positif dan percaya pada yang telah kita ucapakn, misalnya “saya bisa”. Untuk mengatasi negative thingking, kita bisa menggunakan kata-kata yang dapat membangkitkan percaya diri. Contohnya: i can do it! Saya pasti bisa! I’m the best! Saya yang terbaik!.

Kita dapat melakukan apa pun yang kita inginkan tetapi kita harus memahami yaitu batasanya adalah kemanusiaan kita. Jika kata “saya bisa” dapat di komunikasikan kedalam jiwa, otak dan jiwa kita tidak meragukan maka diri kita akan percaya pada diri kita sendiri. Jika diri, tidak percaya pada diri sendiri, maka hasil akhirnya akan menjadi “saya tidak bisa” dan “ saya bukan yang terbaik”.

  •  Percayalah dengan diri kita sendiri

Kalau kita tidak dapat percaya pada diri kita sendiri, jangan berharap orang lain dapat memperayai kita. Kita tidak menyadari bahwa kita telah melewati banyak tantangan. Kita akan kaget jika melihat daftar kesuksesan kita, dengan seperti itu kita dapat lebih percaya diri untuk mengerjakan tugas yang lebih menantang dalam menggapai cita-cita atau impian.

  •  Berani menghadapi resiko

Semua keputusaan yang kita ambil pasti mengandung resiko. Menghadapi resiko bukanlah pilihan tetapi suatu kewajiban. Kita tidak dapat menghindari resiko. Maka kita harus menghadapinya!

  • Belajar mensyukuri dan menikmati rahmat Tuhan
  • Banyak belajar dan mencoba hal-hal baru
  • Berpikir tenang, tidak tergesa-gesa dalam mengambil suatu keputusan
  • Bukan hanya percayan bahwa kita bisa, tetapi karena kita memang bisa!
  • Mengenali rasa ketidaknyamanan yang kita rasakan saat ini dan buanglah rasa yang membuat tidak nyaman
  • Jadilah diri sendiri dan jangan mencoba untuk meniru orang lain, jika tidak punya kemampuan untuk meniru
  • Menggali kemampuan yang kita miliki
  • Membiasakan untuk melatih, terutama dalam berbicara dan berpendapat
  • Pengetahuan yang luas dengan sendirinya mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri
  • Jangan takut untuk mencoba
  • Saat pertama kali melakukan akan terasa sulit, namun kesulitan itulah yang akan membuat kita lebih percaya diri
  • Tidak mencoba untuk diam ditempat, karena tindakan yang kita lakukan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi percaya diri yang lemah
  • Berpenampilan rapi, menarik dan sopan
  • Berperan aktif dalam sebuah organisasi.

Nah, itulah beberapa tips atau cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan percaya diri. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dan tugas setiap individu adalah bagaimana untuk menggunakannya agar bermanfaat walaupun sekecil debu. Tetaplah Be yourself..!!! Percaya pada diri sendiri bahwa kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan dan kita harus yakin bahwa “i can do it” !

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.agarpercayadiri.com/melatih_mental_agar_tampil_percaya_diri.html

http://rosfaldo.blogspot.co.id/2012/01/you-can-do-it.html

http://ronnysiagian.com/2012/02/28/percaya-diri-bagian-3-habis/

http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepercayaan-diri/

Leave a Reply

*

+ 57 = 66